SEKILAS INFO
: - Rabu, 21-02-2024
  • 3 tahun yang lalu / Selamat Datang Di Kampus STAI BAHRIYATUL ULUM PANDAN
Mahasiswa KIP STAI Bahriyatul Ulum KH. Zainul Arifin Pandan Gelar Workshop Konten Kreatif Aplikasi Cap Cut dan Pixllab

“ Platform digital menjadi ruang tak terbatas bagi pelajar untuk berperan “

Pandan (Humas) – Mahasiswa KIP Kuliah STAI Bahriyatul Ulum KH. Zainul Arifin Pandan menyelenggarakan workshop konten kreatif berbasiskan pada aplikasi Cap Cut dan Pixellab untuk meningkatkan literasi pelajar SMA/MA dan SMK sederajat se Kota Sibolga dan Tapanuli Tengah di era digital.

“Tantangannya bagaimana mahasiswa tetap eksis mengambil peran dalam meningkatkan literasi digital pelajar SMA/MA dan SMK sederajat di saat ini. Platform digital menjadi ruang tak terbatas bagi pelajar untuk berperan dalam pembudayaan kegemaran membuat konten dan literasi,” kata Ketua STAI Bahriyatul Ulum KH. Zainul Arifin Pandan dalam Sambutannya membuka acara “ literasi adalah hal yang sangat esensi bagi kemajuan bangsa dan kemajuan individu. Seluruh bangsa menyepakati bahwa budaya literasi dapat mengantarkan sebuah negara menjadi berperadaban.

Budaya literasi semakin strategis dalam menjawab permasalahan bangsa. Masyarakat literat sangat berkorelasi dengan kualitas manusia itu sendiri. Sehingga dipandang perlu mewujudkan ekosistem kolektif pelajar berpengetahuan.
Di sisi lain disrupsi teknologi informasi tidak dapat dihindari. Semakin cepatnya pertumbuhan dan perkembangan teknologi khususnya internet merupakan tantangan sekaligus peluang bagi pelajar meningkatkan kemampuan dan pengetahuan guna menumbuhkan budaya literasi digital.

“Kreativitas generasi muda dalam melahirkan berbagai konten kreatif di platform digital menjadi harapan baru untuk membudayakan kegemaran berkreasi dan literasi, khususnya melalui berbagai karya berbasis konten kreatif dengan kearifan lokal, ” terang Indri Harmaili Lubis, S.Pd., M.Hum.

Bebarapa platform yang perlu dimanfaatkan secara maksimal seperti Cap Cut dan Pixellab. Saat ini banyak muncul orang-orang yang mengunggah kegiatannya ke situs YouTube, Instagram, TikTok, dan sebagainya dengan terlebih dahulu melakukan pengeditan dasar pada aplikasi Cap Cut dan Pixellab.

“Kegiatan berupa aktivitas sehari-hari, talk show/diskusi, tutorial, hingga review produk tertentu, semua dibuat menjadi konten menarik untuk dilihat, dan kita menyebutnya sebagai konten kreatif,” imbuh nya.
Workshop Konten Kreatif menggunakan aplikasi Cap Cut dan Pixellab merupakan program dari Mahasiswa KIP Kuliah STAI Bahriyatul Ulum KH. Zainul Arifin Pandan untuk menemukan dan melahirkan pelajar pembuat konten kreatif yang mampu mengangkat ilmu-ilmu terapan berbasis konten lokal, sehingga pembudayaan kegemaran berkreasi dan literasi dari berbagai konten lokal dapat terus relevan di berbagai medium ruang digital.

Saya mengucapkan terimakasih yang sebesar-besarnya kepada para mahasiswa yang telah melakukan kegiatan positif ini, dan juga terimakasih kepada kepala-kepala Sekolah dan Madrasah yang telah mengirimkan para siswanya untuk mengikuti kegiatan ini. Kiranya kegiatan ini menambah kasanah ilmu para peserta khususnya dalam medium ruang digital.
Editor : Sahluddin Pasaribu, S.Pd.I

1 komentar

Muhammad Ali Napiah Lubis, Selasa, 6 Feb 2024

Mantap…dan luar biasa…truslah berkarya STAI BU, hasil tdk pernah mengkhianati usaha….maju trus utk mempersembahkan yg terbaik buat almamater, masyarakat dan negra

Balas

TINGGALKAN KOMENTAR

Data Kampus

STAI Bahriyatul Ulum Pandan Sumatera Utara

NSPTKI : 347446868

Jl. KH.Zainul Arifin, No. 101, Pandan, Aek Tolang
KEC. Pandan
KAB. Tapanuli Tengah
PROV. Sumatera Utara
KODE POS 22611
TELEPON 080000000000
FAX 0723-1234567
EMAIL humas@stai-bahriyatululum.ac.id

Pengumuman

Pelaksanaan UAS 2020/2021